Mahasiswa Dilatih Softskill Pendukung Karya Imliah

SHARE:  

Humas Unimal
Sejumlah 107 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh mengikuti pelatihan pencarian data, artikel, dan cek plagiasi di Kamus Bukit Indah, Lhokseumawe, Selasa (10/2/2020). FOTO:IST.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Sejumlah 107 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh mengikuti pelatihan pencarian data, artikel, dan cek plagiasi di Kamus Bukit Indah, Lhokseumawe, beberapa waktu lalu.

Menurut Sekretaris Jurusan Ekonomi Pembangun, Devi Andriyani M.Si, pelatihan ini dilakukan untuk membekali mahasiswa agar menguasai strategi dan sofsklill pendukung dalam penulisan karya tulis ilmiah. “Targetnya, mahasiswa bisa menghasilan karya tulis ilmiah berkualitas,” ujar Devi kepada UnimalNews, Jumat (13/2/2020).

Pelatihan itu menghadirikan Hijri Juliansyah M.Ec sebagai pemateri. Kemampuan dalam mencari data, artikel dan cara mengecek plagiasi termasuk softskill yang harus dimiliki mahasiswa dalam menghasilkan karya ilmiah bermutu. “Kita harapkan mahasiswa EKP memiliki kompetensi setara dengan mahasiswa dari universitas terkemuka,” ujar Hijri.

Selain itu, pelatihan ini dimaksudkan juga untuk membekali mahasiswa agar mampu memenuhi syarat-syarat penyelesaian tugas akhir yang ditetapkan Jurusan EKP, yakni minimal memiliki 5 jurnal nasional berstandar ISSN dan 5 jurnal internasional saat pengajuan judul.

Skripsi baru boleh dicetak jika plagiasinya kurang dari 30 persen dan memiliki daftar pustaka yang sudah memakai aplikasi mendeley, serta wajib mengunggah (upload) artikel yang plagiasinya kurang dari 20 persen. “Kebijakan ini sudah diterapkan di Jurusan EKP sejak tiga tahun terakhir,” tambah Devi.

Dalam pemaparan materi, Hijri menjelaskan tips dan trik mencari data dan artikel dengan mudah. “Tidak ada data yang tidak bisa ditemukan, hanya cara pencarian yang terkadang salah,” ungkapnya.

Ia juga memberikan tips dan trik mengurangi plagiasi serta cara cepat membuat daftar pustaka menggunakan aplikasi mendeley yang sangat dibutuhkan mahasiswa.[ayi]

Baca juga:  BEM FEB Universitas Malikussaleh Datangkan Sherly Annavita di Seminar Nasional


Kirim Komentar