Tinggi, Antusiasme Peserta Lomba Menulis tentang Harapan Perubahan Aceh

SHARE:  

Humas Unimal
Ketua Panitia Lomba Menulis, Teuku Kemal Fasya.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Lomba menulis artikel untuk mahasiswa dan siswa se-Aceh yang dilaksanakan sejak awal Januari lalu, telah sampai pada tahap finalisasi. Lomba dilaksanakan oleh UPT Kehumasan dan Hubungan Eksternal Universitas Malikussaleh bekerjasama dengan Mubadala Petroleum, Premier Oil, dan SKK Migas ini memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah untuk setiap kategori.

Ketua panitia sekaligus Kepala UPT Kehumasan Unimal, Teuku Kemal Fasya, menyebutkan antusiasme peserta mengikuti lomba cukup tinggi. Naskah yang masuk dan sah diterima oleh panitia mencapai 116 naskah, yaitu 66 naskah dari mahasiswa dan 50 dari siswa.

Naskah itu akhirnya dipilih 20 terbaik untuk mahasiswa dan 15 untuk siswa setelah sebelumnya dicek tentang plagiariasmenya. “Saat ini para juri sedang mengompilasi nilai yang ada dan mempertimbangkan beberapa detil lainnya,” ungkap Kemal, Senin (1/2/2021).

Para juri untuk lomba ini adalah Yarmen Dinamika (wartawan senior Serambi Indonesia), Teuku Kemal Fasya (dosen Unimal sekaligus kolumnis untuk media massa nasional), dan Ayi Jufridar (dosen Universitas Malikussaleh dan sastrawan nasional).

Menurut Ayi Jufridar, tema yang diangkat dari kategori siswa dan mahasiswa masih sangat beragam, mulai dari masalah perempuan, pendidikan, perekonomian, sampai ke energi terbarukan yang dilihat dari berbagai aspek. Para peserta baik dari kalangan siswa maupun mahasiswa, menunjukkan keberanian untuk membahas topik “berat” yang tidak mereka pelajari secara detail di sekolah dan kuliah, kecuali untuk mahasiswa dengan program studi tertentu.

Kondisi ini membuktikan wawasan dan pengetahuan peserta yang kian beragam sekaligus menegaskan kembali bahwa banyak hal yang bisa dipelajari di luar sekolah.

Menurutnya, meskipun para generasi milenial ini sudah mahir dalam menulis berbagai metode pengutipan, mereka belum efektif dalam berbahasa. Masih terjadi pengulangan dan tidak teliti dalam membersihkan typo. Info dari panitia lomba menyebutkan, rencananya pengumuman akan dilakukan pada minggu pertama Februari 2021.[kur]

Baca juga: Unimal Gelar Lomba Menulis Artikel, Ini Deadlinenya

 


Kirim Komentar