Klinik Unimal Lakukan Sosialisasi Pemanfaatan Faskes 1 di Setiap Fakultas

SHARE:  

Humas Unimal
Kegiatan sosialisasi aplikasi mobile JKN di Fakultas Kedokteran Unimal, Senin (5/12) Foto : Ist

UNIMALNEWS | Uteungkot – Klinik Kesehatan Universitas Malikussaleh melakukan kegiatan sosialisasi pemanfaatan Fasilitas Kesehatan pertama (Faskes 1) di setiap  fakultas. Kesempatan terakhir dilakukan di Kampus Fakultas Kedokteran Uteungkot, Lhokseumawe, pada Senin (5/12/2022).

Menurut kepala Klinik Unimal, drg Anita Syafridah, MKes, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan penggunaan Faskes 1 Unimal. Kegiatan ini pun telah dilakukan sejak 21 November lalu dan dimulai dari Fakultas Hukum.

Ia menyebutkan bahwa kegiatan ini dilakukan di ruangan yang dihadiri oleh mahasiswa setiap kelas.  “Setiap mahasiswa membuka aplikasi mobile JKN kemudian petugas klinik membantu dalam hal teknis pemindahan,” ujarnya.

Hambatan yang dialami mahasiswa selama ini ketika mereka berobat adalah mereka tidak terdaftar di Klinik Unimal. “Mahasiswa belum memahami menu di aplikasi mobile JKN, sehingga kita pandu untuk melakukan registrasi ke Klinik Uinimal,” ungkapnya

Lebih lanjut Anita menyebutkan pemanfaatan Faskes 1 Unimal memudahkan bagi mahasiswa ketika mengalami emergency kesehatan, sehingga cara yang paling baik mereka sudah terdaftar di Faskes Unimal.

"Saya selaku kepala Klinik menyampaikan perihal tentang kejadian-kejadian yang dialami oleh mahasiswa terkait kebutuhan terhadap pelayanan kesehatan, khususnya bagi mahasiswa bertempat tinggal tidak bersama orang tua, atau merantau,” tambah Anita.

Kegiatan sosialisasi ini telah berhasil meningkatkan partisipasi JKN di Klinik Unimal. Menurut Dekan Fakultas Kedokteran, dr Muhammad Sayuti, SpB, Subsp, BD (K) kegiatan ini ikut disambut antusias oleh mahasiswa, apalagi saat ini Klinik Unimal memiliki dua tempat pelayanan, yaitu di kampus Reuleut dan Bukit Indah. “Sejak dibuka tempat pelayanan di Bukit Indah dan kami melakukan sosialisasi selama dua minggu terakhir, jumlah partisipan BPJS Kesehatan Klinik Unimal meningkat hampir 100 persen, kini jumlahnya hampir 1.500 peserta BPJS Kesehatan,” ungkap Sayuti.

Kegiatan ini akan terus dilakukan hingga mencapai tingkat partisipasi yang maksimal, dan Klinik Unimal juga dapat terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan, tutup Sayuti. [tkf]


Berita Lainnya

Kirim Komentar