Antusiasme Peserta Sosialisasi dan Promosi SNMPTN di Aceh Tengah

SHARE:  

Humas Unimal
Sosialisasi SNMPTN di Gedung PPMG, di Cabang Dinas Pendidikan Aceh Tengah, Sabtu (14/12).Foto: Ahmad Al Bastin

UNIMALNEWS | Takengon – Rasa lelah setelah melewati perjalanan malam di Bukit Salak Menuju Takengon terobati. Perjalanan dengan kabut yang mendayu-dayu di malam hari dengan rasa lapar akibat cuaca dingin di Bumi Gayo tertembus sudah ketika melihat para  peserta Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri – Ujian Tertulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN – UTBK – SBMPTN) yang dilaksanakan di Gedung Pusat Pengembangan Mutu Guru (PPMG), di Cabang Dinas Pendidikan Aceh Tengah di Takengon, Sabtu (14/12) hadir berduyun-duyun.

Sejumlah sekolah SMA dan sederajat yang berada di wilayah Aceh Tengah menyambut gembira acara sosialisasi ini.


Betapa  tidak, acara Sosialisasi seperti ini jarang dilaksanakan di Tanah Gayo. Padahal jika melihat minat anak-anak Aceh Tengah dan Bener Meriah ke perguruan tinggi, termasuk ke Unimal, cukup tinggi. Acara ini terselenggara berkat dukungan dari LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), yang untuk wilayah Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Utara, Lhokseumawe, dan Bireun dilaksanakan oleh Universitas Malikussaleh.

Memang pada tahun-tahun sebelumnya daerah Aceh Tengah dan Bener Meriah tidak tergarap dengan baik, akibat ada anggapan mereka kurang antusias dalam mengikuti workshop. Namun pengalaman Sospro SNMPTN yang dilaksanakan pada Sabtu itu menepiskan semua prasangka.

Acara sosialisasi itu dibuka oleh Ketua Tim Sospro LTMPT, Asri, MT. Sebelumnya sambutan yang diberikan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Tengah, yang saat itu diwakili oleh Hendri Saputra, mengatakan bahwa Sospro ini adalah upaya untuk menghindari adanya kesalahan dalam meregistrasi dan memverifikasi akun pendaftaran, baik akun sekolah atau pun akun siswa. Karena jika ini tidak dilakukan dengan benar, para siswa sudah melewatkan kesempatan untuk bisa tembus ke perguruan tinggi nasional.

Acara sosialisasi itu dipandu oleh Kurniawati, staf UPT Kehumasan dan Hubungan Eksternal Unimal. Dengan tangkas Kurnia memberikan penjelasan tentang pendaftaran dan mekanisme apa yang harus dilewati oleh setiap sekolah agar bisa mendaftar dengan benar. Salah satu yang harus diikuti tahapannya adalah dimulai pendaftaran pada situs LTMPT, yaitu www.ltmpt.ac.id. Tanpa mendaftar dengan benar pada situs tersebut, dipastikan pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN tidak akan berhasil. Pada kesempatan itu Kurnia juga mengingatkan para operator sekolah untuk memandu anak didik mereka yang telah duduk di kelas XII agar bisa mendaftar dengan benar.

Antusiasme peserta itu ditunjukkan relasi japri beberapa kepala sekolah dengan Tim LTMPT dari Unimal. Kepala sekolah dari Kecamatan Ketol, salah satu kecamatan terasing di Aceh Tengah, berharap tidak muluk-muluk. “Ada dua orang anak kami lulus di perguruan tinggi negeri sudah alhamdulilah”, katanya. Peserta juga menyelesaikan proses administrasi yang diperlukan dalam pelaporan, yaitu melampirkan Surat Perintah Tugas (SPT). Sebagian besar peserta yang tidak membawa SPT diminta untuk mengumpulkannya di hari senin, karena Tim LTMPT akan kembali menyusuri Tanah Gayo, tepatnya di Kabupaten Bener Meriah pada selasa (17/12) untuk melakukan kegiatan yang sama.[tkf]


Kirim Komentar