Tiga Dosen Unimal Jadi Juri Festival Seni Pelajar

SHARE:  

Humas Unimal
Seorang peserta lomba monolog dalam Festival dan Lomba Seni Siswa (FLS2N) di Gedung Pusat Pengembangan Mutu Guru Dinas Pendidikan Kota Lhokseumawe, Rabu (17/7/2019). Foto: Ayi Jufridar.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe  – Tiga dosen Universitas Malikussaleh menjadi juri dalam ajang Festival dan Lomba Senin Siswa Nasional (FLS2N) u ntuk wilayah Lhokseumawe dan Aceh Utara yang berlangsung pada 15 – 18 Juli 2019.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Syahriandi MPd menjadi juri pada bidang lomba teater, baca puisi, dan cipta puisi. Sedangkan dosen FKIP lainnya, Trisfayani MPd, menjari juri baca puisi dan teater. Juri lainnya dalam lomba cipta puisi ada Mahdi Idris, seorang penyair di Aceh Utara yang sudah melahirkan enam buku kumpulan puisi. Sedangkan Trisfayani, selain dosen dulunya dikenal sebagai pegiat seni di Komunitas Tikar Pandan dan Sekolah Menulis Dokarim di Banda Aceh.

Berbagai even seni bagi pelajar SMA dan SMK tersebut berlangsung di sejak 15 – 18 Juli 2019 di Gedung Pusat Pengembangan Mutu Guru (PPMG) Wilayah III Dinas Pendidikan Aceh di Lhokseumawe. Sedangkan pengumuman para pemenang dilakukan pada Kamis (18/7/2019) di tempat sama.

Dosen Unimal lainnya yang menjadi juri adalah Ayi Jufridar untuk cabang lomba monolog bagi SMA di Lhokseumawe dan Aceh Utara. Ia menjadi juri bersama Iswandi Usman, seorang guru dan pekerja seni serta Rahmatsyah, yang bekerja sebagai guru dan pegiat teater.

Panitia FLS2N, Nurmalita, menyebutkan lomba tahun ini diikuti lebih banyak sekolah dibandingkan tahun lalu, baik dari Kota Lhokseumawe maupun Kabupaten Aceh Utara. “Peningkatannya hampr 50 persen,” ungkap Nurmalita yang dihubungi per telepon.

Untuk SMK terdapat enam bidang yang dilombakan, sedangkan untuk SMA mencapai sembilan bidang. Kesemua cabang lomba tersebut adalah cipta puisi, baca puisi, monolog, vocal solo, film pendek, solo gitar klasik, teater, musik tradisi daerah, tari kreasi, kriya, dan lomba desain poster.

Menurut Nurmalita, FLS2N merupakan even rutin yang digelar untuk menampung kreativitas pelajar dalam berbagai bidang seni dan mengembangkan karakter anak didik yang pada akhirnya mampu meningkatkan kualitas pendidikan. “Melalui even ini, diharapkan  bisa mengembangkan sikap sportivitas dan kompetitit para peserta,” tandas Nurmalita.[bas]

 


Kirim Komentar