Mahsiswa KKN-PPM 26 Unimal Adakan Kelas Belajar di Gampong Geulumpang

SHARE:  

Humas Unimal
Mahsiswa KKN-PPM 26 Unimal Adakan Kelas Belajar di Gampong Geulumpang. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 26 Universitas Malikussaleh adakan kelas peningkatan kemampuan membaca, menulis, dan menghitung (Calistung) bagi anak-anak di Gampong Geulumpang, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (5/7/2024).

Berdasarkan rilis yang diterima Unimalnews, kegiatan ini berlangsung di area meunasah gampong yang melibatkan sekitar 30 anak berusia 8-15 tahun.

"Kegiatan ini bertujuan untuk membantu anak-anak usia sekolah dasar dan menengah pertama dalam mengembangkan keterampilan dasar mereka," ungkap Jumanchan Chalid selaku ketua kelompok.

Dalam kegiatan ini, kata Jumanchan, Anak-anak diajarkan cara menulis huruf dan kata dengan benar dan mengenal huruf huruf alfabet.

"Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan kegiatan  menulis dan membaca. Kami membagi anak-anak menjadi beberapa kelompok kecil untuk sesi menulis dan membaca," ujarnya.

Tambahnya, anggota saya juga tersebar membimbing anak-anak untuk menulis kalimat sederhana pada kertas yang telah dibagikan. 

"Dan sesi terakhir adalah latihan berhitung dasar, seperti penjumlahan dan pengurangan. Anak-anak diberikan soal-soal sederhana yang dikerjakan bersama-sama dengan bimbingan mahasiswa KKN," jelasnya.

Kegiatan ini didukung secara positif oleh geuchik gampong setempat, Zulfikar. Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat positif dan diharapkan dapat menjadi upaya pengembangan diri sekaligus memajukan SDM penerus selanjutnya di Gampong Geulumpang.

"Anak-anak yang ikut serta dalam kegiatan ini tampak sangat antusias dan gembira," terangnya.

Dosen pembimbing lapangan (DPL), Reza juanda MEcDev juga mendukung program ini. Menurutnya, kegiatan ini penting untuk meningkatkan kemampuan dasar dan keterampilan sosial anak-anak.

"Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dan dapat membantu anak-anak dalam mengembangkan kemampuan dasar mereka. Semoga kerjasama antara Universitas Malikussaleh dan Gampong Geulumpang dapat terus berlanjut di masa depan," tutupnya. [fzl]


Kirim Komentar