Mahasiswa KKN Unimal Sosialisasikan Pentingnya Akta Kepemilikan Tanah

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Unimal di Kecamatan Simpang Keuramat berfoto bersama dengan narasumber setelah kegiatan sosialisasi "Pentingnya Akta Kepemilikan Tanah", Senin (16/9/2019). FOTO : IST

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) melaksanakan sosialisasi tentang pentingnya akta kepemilikan tanah bagi warga di Kecamatan Simpang Keuramat, Senin (16/9). Kegiatan ini merupakan proram bersama beberapa kelompok KKN yang ada di Simpang Keuramat.

Kegiatan Sosialisasi ini diinisiasi oleh Kelompok 03 yang ditempatkan di gampong Ie Tarek I. Sosialisasi dilaksanakan di Aula kantor Camat kecamatan Simpang Keuramat.

Menurut Humas KKN 03, Lidiana mengatakan bahwa, dalam sosialisasi tersebut yang bertindak sebagai narasumber adalah Dosen Fakultas Hukum Unimal Hasan Basri MH, Koramil, Kapolsek dan Camat Simpang Keuramat.

Program ini muncul karena mahasiswa yang sedang KKN di Simpang Keuramat ini banyak menemukan warga yang memiliki sawah, kebun dan tambak ikan tapi tidak memiliki sertifikat tanah sebagai bukti kepemilikan.  Hal lain yang melatarbelakanginya adalah masyarakat belum banyak yang tahu akan adanya Proyek Operasi Nasional Agraria (PRONA) yang tujuannya adalah untuk melayani pendaftaran tanah pertama kali dengan proses mudah, cepat dan murah untuk menunjang percepatan pendaftaran tanah, ujar Andriansyah Pasaribu sebagai Ketua panitia pelaksana kegiatan tersebut.

Dalam materinya, Hasan Basri mengungkapkan bahwa Kepemilikan sertifikat sebagai bukti penguasaan hak atas tanah. Kepemilikan akta tanah tersebut dilakukan sebagai jaminan kepastian hukum. Sosialisasi yang diinisiasi oleh mahasiswa KKN ini sangat besar manfaatnya, karena memang banyak masyarakat yang belum tahu arti penting sertifikat tanah, terang Hasan Basri.


Berita Lainnya

Kirim Komentar