Kajian Rutin Himako: Media Sosial Pengaruhi Kehidupan Sosial

SHARE:  

Humas Unimal
Himpunan mahasiswa ilmu komunikasi (Himako) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh mengadakan kajian mingguan bertema “Media Sosial dan Perubahan Sosial”, Jumat (21/5/2021). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Bukit Indah – Himpunan mahasiswa ilmu komunikasi (Himako) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh mengadakan kajian mingguan bertema “Media Sosial dan Perubahan Sosial”.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Prodi Ilmu Komunikasi,  Kamaruddin Hasan MSi, dengan  pemateri Muhammad Fazil MSi selaku dosen Ilmu Komunikasi yang berlangsung secara daring, Jumat (21/51/2021).

Muhammad Fazil dalam materinya menyampaikan bahwa media sosial itu berkembang awalnya dari Google (mesin pencari informasi) pada 1998. Ciri-ciri dari sosial media yaitu konten yang disampaikan dapat dibagikan kepada banyak orang,dapat diterima lebih cepat, pengguna medsos adalah kreator dan aktor.

Pemateri juga mengatakan bahwa konten media sosial memiliki aspek fungsional yaitu identitas, interaksi, sharing, eksis, relasi, status, kelompok, dan sebagainya. “Kegunaan medsos yaitu menghimpun opini publik, mempengaruhi dan memotivasi, mudah mengakses informasi, dan membentuk relasi,” papar Fazil.

Kajian mingguan tersebut dihadiri 87 peserta yang merupakan mahasiswa Universitas Malikussaleh. Dalam sambutannya, Kamaruddin Hasan mengingatkan bahwa media sosial membawa dampak positif dan negatif kepada penggunanya. “Untuk itulah, mahasiswa harus paham dan bisa mengelola media sosial untuk mengoptimalkan dampak positif serta mengurangi dampak negatif,” ujar Kamaruddin. [bas]

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar