Mahasiswa KKN-PPM 171 Sosialisasi Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Belajar Anak

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN-PPM 171 Sosialisasi Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Belajar Anak

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh Kelompok 171 menggelar sosialisasi pengaruh gadget terhadap prestasi belajar anak di SMP Negeri 1 Tanah Pasir, Aceh Utara, Kamis (18/11/2021).

Mahasiswa KKN kelompok 171 yang ditempatkan di Gampong Keude Jrat Manyang, Kecamatan Tanah Pasir  itu diketuai oleh Juan Alibar mahasiswa dari Fakultas Teknik serta anggotanya adalah Widya Novi Sari, Miftahul jannah (Fakultas Ekonomi), Zhuratul Afra (Fakultas FISIP), Hayatun Rahmita, Zikatul Maulana, Rizki Maulida, Dame Roynaldi Lubis (Fakultas Teknik ) Rauzatul Muna, dan Nurmayanti (Fakultas Hukum) . Mereka berada dibawah naungan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Muhammad Ali MSi.

Ketua kelompok, Juan Alibar mengatakan, program KKN “Saweu Sikula” kali ini mengusung tema “Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Belajar Anak-Anak,”. Sosialisasi yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tanah Pasir ini diikuti oleh murid-murid kelas 9 .

“Sekarang ini merupakan zaman dimana kemajuan teknologi sangat mempengaruhi kepribadian seseorang. Salah satu teknologi yang mudah menyebar yaitu gadget,” katanya.

Juan menjelaskan, Gadget adalah sebuah alat elektronik kecil dengan berbagai macam fungsi khusus. Beberapa contoh dari gadget yaitu laptop, smartphone, ipad, ataupun tablet yang dapat di isi aneka aplikasi. Disertai pula dengan kecanggihan informasi yang dapat memudahkan masyarakat untuk mengakses segala yang mereka perintahkan. Gadget juga dapat mempengaruhi perilaku sosial seseorang, hal itu tergantung bagaimana orang tersebut menggunakan gadget yang mereka gunakan. 

“Kemajuan teknologi nyatanya tidak hanya merambah di kalangan anak muda dan orang dewasa saja, namun juga mulai masuk ke hidup anak-anak di bawah umur. 

Saat ini banyak dari mereka yang telah memiliki gadget sendiri karena kebutuhan sekolah,” ungkap Juan.

Lanjutnya, sekarang anak-anak menjadi konsumen aktif dimana banyak produk-produk gadget yang menjadikan anak-anak sebagai target pasar mereka. Sadar atau tidak, usia dini anak-anak sangat mudah terpengaruh oleh lingkungan dan lingkungan tersebut akan membentuk perkembangan anak kedepannya. Oleh karena itu perlu diadakan sosialisasi mengenai bahaya gadget pada anak-anak. 

Dalam sosialisasi tersebut, Zuhratul Afra sebagai pemateri menjelaskan tentang pengaruh gadget terhadap anak – anak mulai dari faktor pendorong, dampak negatif maupun positif dalam aspek sosial dan kesehatan serta solusi dalam menghadapi candu gadget pada anak-anak saat ini.

"Tujuan kami mengadakan sosialisasi tersebut untuk memberi edukasi dan bagaimana dampak positif dan negatif dari smartphone,” tutupnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar