Lingkaran Kerabat Antropologi Unimal Gelar TDO

SHARE:  

Humas Unimal
Lingkaran Kerabat Antropologi Unimal Gelar TDO

UNIMALNEWS | Lhoksumawe - Pengurus Lingkaran Kerabat Antropologi (LingKA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan Training Dasar Organisasi (TDO) di Aula FISIP kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Jumat (25/3/2022).

Ketua LingKA, Arie Kausar mengatakan, kegiatan itu mengusung tema “Membentuk Pribadi Kepemimpinan yang Bertanggung Jawab Serta Memiliki Loyalitas Dalam Berorganisasi Untuk Kader LingKA”.

“Alhamdulillah kegiatan ini bisa terlaksana karena dengan baik karena kekompakan kawan-kwan pengurus LingKA,” katanya.

Arief Fadhillah SAnt selaku pemateri menyampaikan tentang “Manajemen Organisasi”.  Ia menyebutkan, ada beberapa hal yang disampaikan mengenai pencapaian sebuah organisasi yaitu komunikasi, keaktifan pengurus, leadership (cara mempengaruhi pengurus), faktor yang mempengaruhi manajemen organisasi. Kekompakan (Kerja sama/Sama-sama bekerja),  dan kolaborasi.

“Arah gerak ormawa yang bersifat dinamis dimana kata Dinamis adalah istilah umum yang merujuk kepada segala sesuatu atau kondisi yang terus-menerus berubah, bergerak secara aktif dan mengalami perkembangan berarti,” ungkapnya.

Kemudian, pemateri selanjutnya, Faizul Aulia S Ant dengan materinya “Administrasi Organisasi”. Ia juga mengatakan, administrasi juga merupakan penggerak atau bisa dikatakan sebagai fungsi kelayakan berorganisasi. Seperti halnya contoh dalam administrasi yaitu surat, dalam surat itu harus memiliki tujuan dalam meminta permohonan untuk melakukan kegiatan atau mengundang orang lain agar dapat hadir di sebuah acara yang digelar. 

“Selain surat ada juga pengarsipan yaitu sebagai bahan evaluasi dari masa kepengurusan yang lama ke masa selanjutnya dan untuk mengetahui juga perkembangan atau perubahan dalam sebuah kegiatan yang diselenggarakan,” paparnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar