Himatif Unimal Sukses Gelar HTTPS Pertama bagi Siswa Sekolah Menengah Atas

SHARE:  

Humas Unimal
Pelajar SMA Sederajat di Kota Lhokseumawe dan Bireuen mengikuti Kompetisi TIK yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (Himatif) Unimal di Kampus Bukit Indah, Sabtu (13/08/2022). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Bukit Indah - Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (Himatif) Universitas Malikussaleh menyelenggarakan “Himatif Training Tech and Public Seminar (HTTPS)” pertama yang meliputi kegiatan kompetisi bidang teknologi informasi dan komunikasi dan seminar umum yang masing masing berlangsung Sabtu (13/08/2022) dan Senin (15/08/2022) di Kampus Unimal Kompleks Bukit Indah Lhokseumawe.

Dalam rilis yang dikirimkan kepada Unimalnews, Ketua Himatif Unimal, Muhammad Iqbal mengatakan bahwa kompetisi bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) diikuti oleh 54 peserta yang berasal dari sekolah menengah atas yang tersebar di Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Bireuen dan dilaksanakan di Laboratorium Komputer Prodi Teknik Informatika.

“Melalui kompetisi TIK ini, peserta diberikan waktu sebanyak 90 menit untuk mengerjakan 50 soal yang terdiri dari soal pilihan ganda. Dari 50 soal ini peserta akan diuji kemampuan pengetahuan informatikanya melalui pengetahuan umum TIK, aritmatika, analitik dan logic serta algoritmika”, terang Iqbal.

Sementara itu, kegiatan kedua dari  HTTPS yaitu seminar umum yang mengambil tema “Information Technology Prospect and Career Changing”.  Acara yang dipandu Melly Yani ini menghadirkan Rizki Suwanda MKom sebagai pemateri, dan turut dihadiri oleh Wakil Dekan III Fakultas Teknik, Muhammad MEng, Sekretaris Jurusan Informatika , Hafiz Al- Kautsar Aidilof MKom, dosen dan mahasiswa Jurusan Informatika, Ketua BEM, Ketua DPM, Ketua DPH, Demisioner, beberapa delegasi organisasi mahasiswa serta peserta yang telah mengikuti kompetisi TIK sebelumnya.

Dalam pemaparannya, Rizki menyampaikan bahwa saat ini kita sudah memasuki revolusi industri 5.0 dimana teknologi sudah sangat berkembang pesat. Ia mencontohkan perkembangan teknologi telepon genggam  yang sudah semakin canggih.  Selain itu, terkait dengan transformasi digital, dosen Prodi Teknik Informatika Unimal ini menjelaskan tentang bidang-bidang yang memiliki nilai tambah dan memiliki prospek yang menggiurkan di masa depan. Bidang tersebut termasuk Artificial Intelligence (AI) yaitu kecerdasan buatan, Internet of Things (IoT),  Robotic, Big Data, Cloud Computing dan Additive Manufacturing.

Wakil Dekan III Fakultas Teknik Unimal, Muhammad MEng menyambut baik acara yang inisiasi oleh Himatif ini.  “Saya sangat mengapreasiasi kegiatan yang dilakukan oleh rekan-rekan Himatif dan saya harap ini bisa menjadi kegiatan tahunan dengan peserta yang terus bertambah dan cakupan wilayah yang semakin luas sehingga juga menjadi ajang untuk mengenalkan Unimal kepada masyarakat”, ujar Muhammad.

Sementara itu, Sekretaris Jurusan Informatika, Hafiz Al- Kautsar Aidilof MKom mengharapkan kegiatan ini menjadi pemicu terutama bagi para siswa agar terus belajar tentang ilmu yang berkaitan dengan teknologi informasi. Ia juga yakin bahwa ke depannya para siswa akan lebih baik lagi dalam mempersiapkan diri menghadapi kegiatan-kegiatan kompetisi terutama yang berkaitan dengan teknologi informasi.

Kegiatan ditutup dengan pengumuman pemenang dan pembagian hadiah bagi peserta lomba TIK. Adapun juara 1,2, dan 3 diraih oleh siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Lhokseumawe yaitu  Angga Firnanda (juara 1), Muhammad Hizqil Alfi (juara 2), dan Cut Intan Efrina (juara 3).[kur]


Berita Lainnya

Kirim Komentar