Kelompok 10 KKN Tematik Unimal Buat Apotek Hidup di  SD Negeri 7 Dewantara

SHARE:  

Humas Unimal
Kelompok 10 KKN Tematik Universitas Malikussaleh membuat apotek hidup di pekarangan SD Negeri 7 Dewantara, Kecamatan Dewantara Aceh Utara pada Senin (09/11/2022). Foto:Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Kesehatan merupakan prioritas utama bagi manusia. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan, salah satunya adalah membuat apotek hidup. Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok 10 Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Malikussaleh melakukan penanaman berbagai tanaman obat pada pekarangan SD Negeri 7 Dewantara di Gampong Geulumpang Sulu Barat, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Senin (9/11/2022).

Adapun tanaman yang ditanam yaitu kunyit putih, sirih merah, sisijuek (sejenis cocor bebek), jahe, lengkuas, serai, pandan, pacar, cincau, lidah buaya, dan cepokak.

Ketua Kelompok 10, Fajrul, menyatakan kegiatan menanam tanaman obat untuk dijadikan apotek hidup pada SD Negeri 7 Dewantara bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa tentang tanaman yang dapat dijadikan obat herbal dalam pencegahan dan pengobatan penyakit.

"Jenis-jenis tanaman herbal perlu diperkenalkan sejak dini kepada anak-anak agar mereka bisa memanfaatkan sumber daya alam ciptaan Allah  dengan segala kebaikannya yang bermanfaat bagi makhluk hidup,” ucap Fajrul.

Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 10, Dr. Marlia Sastro, S.H., M.Hum., mengapresiasi kegiatan mahasiswa KKN Tematik kelompok 10 karena telah meninggalkan ilmu secara langsung kepada adik-adik Sekolah Dasar dalam mengenal berbagai jenis tanaman obat yang telah ditanam mereka.

Adapun anggota KKN Tematik kelompok 10 Universitas Malikussaleh adalah Fajrul Jamil, Tengku Fhazil Ramadhan, Darul Irfan, Ahmad Dahlan Berasa, Aidilla Fitri, Nina Ulfauza, Imelda Elvanni, Astriyana Novita Putri, Wan Amalia Chaliza Nur, Suryani Berutu, Nur Awalya Habibah Kinanti, Siti Aisyah, Suci Mulia, Masyitah, Safira, Rita Wahyuni, Andini Rahmah Annisa, Siti Nayla Husna, Juana Wangsa Putri, Fadillah Hayati Ginting. Mereka berasal dari berbagai fakultas di Universitas Malikussaleh. [zul]

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar