Mahasiswa KKN-GNRM Unimal Gelar Penutupan dengan Tandatangani Kerja Sama

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN-GNRM Unimal serah terima Basum dan penutupan KKN GNRM dengan penandatanganan Kerja Sama. foto: ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh dalam program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang diluncurkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bekerja sama dengan Forum Rektor Indonesia (FRI) melakukan serah terima Bank Sampah Universitas Malikussaleh (Basum) di Gampong Ceubrek Pirak,  Kecamatan Matangkuli,  Aceh Utara, Jumat (22/10/2021).

PIC KKN GNRM, dr T Ilhami Surya Akbar M Biomed mengatakan, pengabdian masyarakat yang dilaksanakan Unimal dalam program GNRM di Gampong Ceubrek Pirak itu berlangsung selama 3 bulan terhitung dari Agustus-Oktober 2021.

“Program yang mengusung tagline Indonesia bersih ini melibatkan kurang lebih 100 orang mahasiswa dalam program KKN atau konversi nilai Kampus Merdeka,” katanya.

T Ilhami menyebutkan, dipilihnya Ceubrek Pirak sebagai gampong percontohan  karena daerah rawan banjir.  Selain program lingkungan,  tim GNRM Unimal juga mengusung program kesehatan,  salah satunya dengan mengadakan pelatihan bantuan hidup dasar pada pemuda gampong setempat.

“Kegiatan ini sendiri saling bersinergi dari hulu ke hilir untuk meningkatkan resiliensi masyarakat terhadap banjir,” sebutnya.

Lanjutnya, Bank Sampah yang diinisiasi Unimal ini mengangkat keunggulan dengan sistem reward plus yang mendorong masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah. Program bank sampah ini terlihat sangat sukses, karena selama dibuka sudah terkumpul 2 ton sampah anorganik yang diberikan masyarakat ke tim bank sampah GNRM Unimal.

Tambah Ilhami, program penanggulangan sampah ini digadang akan menjadi proyek percontohan pengolahan sampah bagi daerah sekitarnya. Keberhasilan program ini diharapkan mampu menstimulasi daerah lain untuk mulai mengelola sampahnya secara ekonomis.

“BASUM ini  diserahkan langsung kepada Geuchik Gampong Ceubrek Pirak yang diikuti dengan penandatanganan MoU antara Unimal dengan Gampong tersebut,” ungkap Ilhami.

Penandatangan kerja sama itu dilakukan oleh PIC GNRM, dr T Ilhami Surya Akbar M Biomed dan Geuchik Gampong Ceubrek Pirak, Hulaimi SP.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar